Rekayasa Perangkat Lunak: Software

SOFTWARE

Software atau yang biasa kita sebut dengan perangkat lunak adalah sebuah instruksi (program komputer) yang ketika dijalankan menyediakan fungsi yang diinginkan, struktur data yang memungkinkan program untuk mengolah data/informasi, serta dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program. Software di bangun oleh seorang software engineer. Pada umumnya untuk membuat software yang kompleks dibutuhkan team(lebih dari 1 orang) untuk membangunnya.

Saat ini software menjadi hal yang sangat penting bagi masyarakat luas. Implementasi dari software sangat banyak ditemukan untuk membantu pekerjaan manusia diantaranya untuk transportasi, kesehatan, militer, bisnis, dan lain lain.

Dari sudut engineer, software merupakan produk  tapi dari sudut pandang user/ pengguna merupakan hasil dari informasi yang memudahkan pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan.

 

KARAKTERISTIK SOFTWARE / CIRI-CIRI SOFTWARE

Saat sebuah software dibangun, melalui beberapa tahapan seperti analisis, desain, konstruksi, dan pengujian atau testing. yang kemudian diterjemahkan ke bentuk fisik. Seperti halnya membangun sebuah rumah yang memerlukan desain denah, software juga memerlukan hal itu.

  • Softwaare itu dikembangkan dan direkayasa, tidak bisa diproduksi langsung sehingga mampu menjadi software yang langsung baik.
  • Software tidaklah “wear out” atau aus. Gambar diatas menunjukan tingkat kegagalan untuk hardware yang sering disebut dengan kurva bak mandi.
  • Komponen dari software yang reuseable dapat digunakan oleh software engineer  untuk membuat software baru dari bagian yang dapat digunakan kembali itu. Misalnya saja tombol scrol yang sudah terdapat dari dulu tapi masih bisa digunakan hingga kini.

 

JENIS-JENIS SOFTWARE

Banyak jenis-jenis dari software yang perlu kita ketahui. Seperti :

  • System software. Software yang dibangun untuk dapat menjalankan software lain. Misalnya saja compiler, proses yang terjadi didalam software ini sangat kompleks tapi valid dan terstruktur. Operating system seperti windows, mac, linux merupakan contoh dari system software.
  • Real-time software. Software yang memonitor, menganalisa, dan mengupdate informasi sesui di keadaan nyata.
  • Business software. Ini merupakan salah satu jenis software yang banyak diminati. Misalnya saja software untuk pembayaran gaji karyawan. Terdapat database yang sangat besar dibalik software ini.
  • Engineering dan scientific software. Software ini biasanya terdapat pada lembaga/badan astronomi, volkanologi, biology karena tujuannya memang ke arah penelitian.
  • Embedded software. Adalah software yang tertanam/dibangun pada suatu komputer. Salah satu implementasinya terletak di ROM untuk mengontrol produk dan sistem untuk industri.
  • Web-based software. Halaman web yang diambil oleh browser yang bisa dieksekusi seperti CGI,HTML, atau Java.
  • Artificial Intellegence software. Biasa disingkat AI membuat penggunaan algoritma non-numerik untuk dapat memecahkan masalah yang kompleks yang tidak berhubungan dengan perhitungan dan analisis langusng.
  • Personal computer software. Misalnya saja program pengolah kata seperti foxit reader, ms word, libre office word dll.

 

RINGKASAN

Software merupakan faktor kunci dari produk yang berbasis komputer. Misalnya saja dalam perkembangan handphone yang kian lama kian canggih. Software juga menjadi patokan perkembangan hardware. Tujuan dari software engineering adalah untuk menyediakan kerangka kerja untuk membangun software yang lebih baik kualitasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s